Monday, June 17, 2013

Konsep ERD (Entity Relationship Diagram)

Model Entity Relationship diperkenalkan pertama kali oleh P.P. Chen pada tahun 1976. Model ini dirancang untuk menggambarkan persepsi dari pemakai dan berisi obyek-obyek dasar yang disebut entity dan hubungan antar entity-entity tersebut yang disebut relationship. Pada model ER ini semesta data yang ada dalam dunia nyata ditransformasikan dengan memanfaatkan perangkat konseptual menjadik sebuah diagram, yaitu diagram ER ( Entity Relationship).

Diagram Entity-Relationship melengkapi penggambaran grafik dari  struktur logika . Dengan kata lain Diagram E-R menggambarkan arti dari aspek  data seperti bagaimana entity-entity, atribut-atributdan relationship-relationship  disajikan. Sebelum membuat Diagram E-R , tentunya kita harus memahami betul  data yang diperlukan dan ruang lingkupnya. Di dalam pembuatan diagram E-R  perlu diperhatikan penentuan sesuatu konsep apakah merupakan suatu entity,  atribut atau relationship.

Tipe Entity 
Entity adalah obyek yang dapat dibedakan dengan yang lain dalam dunia  nyata. Entity dapat berupa obyek secara fisik seperti orang, rumah, atau  kendaraan. Entity dapat pula berupa obyeksecara konsep seperti pekerjaan ,  perusahaan, dan sebagainya. 

Tipe entity merupakan sekumpulan obyek dalam dunia nyata yang mempunyai properti yang sama atau berasal dari entity yang sejenis. Terdapat  dua tipe Entity, Entity Kuat dan Entity Lemah. Entity kuat adalah entity yang  keberadaanya tidak tergantung pada entity lain, misalkan tipe entity pegawai  atau cabang. Sedangkan Entity Lemah keberadaanya tergantung pada entity  lain, misalkan tipe entity tanggungan, dimana keberadaannya tergantung dari  pegawai . 
Entity disajikan dalam bentuk persegi panjang, entity kuat disajikan  dengan perseg panjang dengan satu garis, sedangkanentity lemah disajikan  dengan persegi panjang dobel .

ATRIBUT 
Atribut adalah karakteristik dari entityatau relationship, yang menyediakan  penjelasan detail tentang entity atau relationship tersebut. Nilai Atribut merupakan suatu data aktual atau informasi yang disimpan pada suatu atribut di dalam suatu entity atau relationship. Atribut digambarkan dalam bentuk oval. 

No comments:

Post a Comment