Monday, June 17, 2013

Arsitektur Basis Data

Pernahkah Agan mendengar tentang Arsitektur Basis Data.

Arsitektur Basis Data adalah sebuah struktur antara komponen - komponen yang membangun Basis Data dan hubungan / relasi yang mengaitkan komponen - komponen tersebut, dalam artian lainnya, bahwa Basis Data dibangun dari berbagai komponen, dimana setiap komponen memiliki fungsi dan terhubung dengan komponennya. Arsitektur ini memberikan kerangka kerja bagi pembangunan Basis Data, ada tiga komponen atau sering disebut "level" dalam arsitektur Basis Data, yaitu : Internal/Physical Level, External/View Level, dan Conceptual/Logical Level .


Internal/Physical Level
Internal/Physical Level adalah level paling rendah dalam arsitektur basis data, dimana level ini merepresentasikan data yang direcord secara fisik kedalam media penyimpanan (Storage Device), hmm biasanya disimpan dalam Byte, jadi data yang di record kedalam database akan disimpan di komputer secara fisik.
External/View Level
Kebalikan dari Intenal/Physical Level, jika di Internal data disimpan dalam Byte secara fisik, nah sedangkan di External tentu data itu ditampilkan dan di representasikan pada sisi User atau Pengguna, bisa dalam GUI atau CLI, bisa berbentuk Tabel atau Informasi lengkap, intinya di level Eksternal, Record ditampilkan dan disediakan secara mudah untuk user, dan pembangunannya tentu menggunakan bahasa program yang sesuai dari setiap programmer.
Conceptual/Logical Level
Conceptual/Logical Level, disebut sebagai level penghubung antara Internal dan External, Tidak seperti Internal, Conceptual Level ini tidak memerlukan atau membutuhkan perangkat keras ataupun perangkat lunak. seperti namanya "Conceptual" adalah bentuk konsep dari pembangunan basis data.

Selanjutnya Konsep DBMS

No comments:

Post a Comment